Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat

Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat

Website Resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat

Dispar Kubar Gelar Pemilihan Monaq Ringeng 2024

Kepala Dinas Pariwisata Kutai Barat, Yuyun Diah Setyorini.
Kepala Dinas Pariwisata Kutai Barat, Yuyun Diah Setyorini.

KBRN, Sendawar : Sempat tertunda tahun 2023 lalu, Dinas Pariwisata Kutai Barat (Kubar) kembali menggelar pemilihan Monaq dan Ringeng tahun 2024 ini. Dimana pendaftaran sudah di buka hingga nanti tanggal 28 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kubar, Yuyun Diah Setiorini kepada RRI, Selasa (16/7/2024) mengatakan, sampai saat ini sudah ada 30 peserta yang mendaftar, terbagi Monaq sebanyak 15 orang dan Ringeng sebanyak 15 orang.

Sebanyak 30 orang peserta ini tersebar dari 12 Kecamatan atau menyisakan 4 Kecamatan di Kubar yang belum mengirim perwakilan, yakni Kecamatan Damai, Muara Pahu, Penyinggahan dan Sekolaq Darat.

“Monaq itu untuk pria yang artinya gagah, tampan dan rupawan. Sedangkan Ringeng, untuk wanita yang artinya cantik, jelita dan memukau. Jadi itu melambangkan putra dan putri Kutai Barat,” kata Yuyun Diah Setyorini.

“Alhamdulillah, puji tuhan pada tahun 2022 kemarin ini pertama kali kita laksanakan di Kubar, kemudian tahun 2023 sempat jeda, nah tahun 2024 ini kita laksanakan kembali untuk ke dua kalinya,” lanjut Yuyun.

Meski ada peningkatan dari sisi jumlah peserta pada tahun ke dua pelaksanaan pemilihan Monaq dan Ringeng ini, namun Yuyun merasa masih belum maksimal. Hal itu karena masih banyak generasi muda Kutai Barat yang kurang percaya diri untuk tampil sebagai peserta di ajang tersebut.

“Banyak mereka yang beranggapan bahwa, oh saya kurang cantik, saya kurang gagah, saya kok tinggi nya kurang, sehingga itu menjadi hambatan. Padahal kami menekankan, silahkan mendaftar karena yang namanya kriteria cantik atau gagah itu bukan hanya diukur dari penampilan,” tegas Yuyun.

Cantik dan gagah itu tambahnya, secara keseluruhan. Baik penampilan, dibarengi dengan pengetahuan dan lain sebagainya, itu yang menjadi penilaian dalam pemilihan Monaq dan Ringeng Kubar.

Sebab itu, Yuyun mengimbau kepada generasi muda Kutai Barat untuk ikut berpartisipasi dalam ajang pemilihan Monaq dan Ringeng yang kedepannya bakal rutin di laksanakan Dinas Pariwisata setiap tahun.

“Termasuk tahun ini, masih ada kesempatan untuk mendaftar sebelum ditutup tanggal 28 Juli 2024 mendatang. Nah yang mau daftar, lagsung saja ke Dinas Pariwisata Kubar,” pungkas Yuyun Diah Setyorini.

di Copy dari RRI 

https://www.rri.co.id/wisata/830264/dispar-kubar-gelar-pemilihan-monaq-ringeng-2024